Kamis, 23 Februari 2017

NHW #6 Belajar menjadi manajer keluarga handal

Bismillahirahmanirrahim ..
_NICE HOMEWORK #6_ *BELAJAR MENJADI MANAJER KELUARGA HANDAL* Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal. Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya. Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu *_RUTINITAS_* Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita _Merasa Sibuk_sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri. Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb : 1⃣ Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting 2⃣Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana? 3⃣Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras. 4⃣Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut) 5⃣Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda. 6⃣Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7) 7⃣Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik? kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan. _SELAMAT MENGERJAKAN_ Salam Ibu Profesional, /Tim Matrikulasi IIP/

Alhamdulillah NHW kali ini terbilang mudah bagi saya karena kebetulan semenjak punya usaha online shop di bidang babyshop dan berencana punya brand sendiri, saya dan suami sudah berkomitmen untuk mengisi aktivitas produktif setiap harinya.
Sempat sebelum punya jadwal harian, saya jadi bingung sendiri hari ini mau ngapain aja, punya banyak rencana tapi malah pusing dengan rencana tersebut, yang ada malah tidak produktif, anak nangis malah marah – marah karena lagi sibuk ngurus orderan, alhasil semua berantakan :’(
Setelah disiasati dan kebetulan belakangan ini memang sudah menyusun jadwal untuk saya lakukan setiap harinya. Jadwal ini flexible tapi tetap sesuai target, pekerjaan domestik pun dilakukan disela – sela waktu ( biasanya saat anak tidur) dan seminggu dua kali pekerjaan domestik ini saya delegasikan ke orang lain jadi saya bisa upgreding diri dengan berbagai ilmu.
Aktivitas penting :
1. Mengurus anak anak dan suami dengan baik
2. Mengurus konsumen ( checking orderan, promo, cari konsumen, selling dll)
3. Mencari ilmu seputar parenting, bisnis dll membangun ide – ide produk, desain produk dll.

Aktivitas tidak penting :
1. Online media sosial yang tidak produktif
2. Terlalu banyak tidur siang
3. Jalan – jalan diluar waktu free / libur
Selama ini diharapkan masih on track dengan aktivitas yang penting, meskipun kadang – kadang godaan pengen main dan jalan- jalan adalah godaan terbesar, sesekali boleh sebagai hiburan tapi kalo keseringan jadi tidak produktif dan malah konsumen keteteran, jadi saya komitmen, misalkan jika hari ini sudah bisa selling minimal sekian rupiah baru boleh main :)
Cut off time saya adalah ketika anak saya bangun tidur, atau ingin main bersama ( sudah tidak anteng main sendiri) disini saya langsung mengakhiri apapun kegiatan saya, karena kesepakatan kami adalah anak yang nomer satu, meskipun orderan sedang sangat banyaknya tapi anak tetap prioritas utama dan Alhamdulillah konsumen mengerti :)
Jadwal harian ini saya dan suami beri judul sebagai motivasi dan harapan kami agar bebas finansial di umur 30 an, mudah – mudahan jadi doa :)



Jadwal Harian Miliader (MIchelle RK)

Jadwal ini sudah berlangsung kurang lebih 1 bulan kebelakang dan Alhamdulillah sangat membantu menjalani aktivitas harian lebih produktif,tidak lagi menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak penting. Tetapi masih perlu konsisten, terkadang tidak terbangun untuk tahajud, maka diniatkan kembali mudah – mudahan selalu dimudahkan dalam menjalani nya terus konsisten dan menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.
Salam ibu profesional_ Michelle RK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar