Senin, 27 Februari 2017

Melatih kemandirian anak hari ke 5

belajar kemandirian bukan berarti harus tegang dan kaku, karena point nya bukan hanya pada hasil tapi proses yang menyenangkan.
melatih sama dengan mengajak Adzki bermain,
melakukan aktivitas harian dan melatih terus menerus dan bermainlah bersama anak-anak,
jadi sebisa mungkin jangan berperan menjadi orangtua. Karena anak-anak akan lebih mudah mencontoh temannya. Andalah teman terbaik pertama untuknya.
jadi Amah seneng nemenin Adzki makan, minum atau biasanya kita botram bareng, meskipun banyak yang di acak - acak nya :)
Sebenernya Adzki senang sekali melakukan semuanya sendiri, dia tinggal lihat aktivitas yang biasa orang tua nya kerjakan, dan pasti meniru nya, tapi Amah nya yang masih belum rela mengizinkan, takut kotor lah, males gantiin baju dll terutama dalam hal makan dan minum karena pasti berantakan
jadilah yang pertama melatih mental mandiri haruslah ibunya dulu yang mengizinkan anak melakukan kemandirian
Kemandirian itu akan lebih meningkat kualitasnya jika orangtua secara sengaja memberi rangsangan kepada anak berupa tantangan untuk mengerjakan yang lebih rumit dan sulit. Ini bukan saja melatih kemandirian dalam urusan keterampilan hidup sehari-hari, melainkan juga menumbuhkan kemandirian secara emosional.
hari ini Adzki makan dan minum sendiri, dan minum nya sudah pengen pake gelas, meskipun banyak tumpah nya tapi Adzki bisa :) kereeen Adzki belajar lebih cepet dari Amah nya nih, harus Amah yang ngejar Adzki ngasih tantangan yang lebih sulit alias seru :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar