Kamis, 23 Februari 2017

Melatih kemandirian anak hari ke 1


Ga usah dibantu Amah, Adzki udah bisa sendiri :)
ga kebayang suatu hari bakalan dapet kata -kata gitu dari Adzki, tandanya anak Amah udah makin besar dewasa udah jadi gadis, ngebayangin nya aja udah bikin terharu plus baper, nanti minta tidur sendiri, nyiapin segala sesuatu sendiri, makan mandi ah pokonya semua sendiri, ga ada lagi cerita nempelin Amah sampai sedetik pun ga mau lepas hihi
Nah Proses sampai Adzki bisa mandiri dari kapan dan bagaimana ya?
terjawab nih di Kuliah Bunsay IIP, kenapa sih anak harus dilatih mandiri?
---> Kemandirian anak erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Sehingga apabila kita ingin meningktkan rasa percaya diri anak, mulailah dari meningkatkan kemandirian dirinya.
Lalu sejak kapan dong bisa dimulai?
----> sejak mereka sudah tidak masuk kategori bayi lagi, baik secara usia maupun secara mental. Secara usia seseorang dikatakan bayi apabila berusia 0-12 bulan, secara mental bisa jadi pola asuh kita membiarkan anak-anak untuk selalu dianggap bayi meski usianya sudah lebih dari 12 bulan.
Bayi usia 0-12 bulan kehidupannya masih sangat tergantung pada orang lain. Sehingga apabila kita masih selalu menolong anak-anak di usia 1 th ke atas, artinya anak-anak tersebut secara usia sudah tidak bayi lagi, tetapi secara mental kita mengkerdilkannya agar tetap menjadi bayi terus.
waah Adzkiya memang bukan bayi lagi, sekarang apa - apa maunya gimana Adzki, kalo dilarang makin penasaran dan harus diajak ngobrol dari hati ke hati :) ciyeee..
terus latihan apa aja sih biar mengasah kemandirian nya Adzki?
----> Usia 1-3 tahun
Di tahap ini anak-anak berlatih mengontrol dirinya sendiri. Maka sudah saatnya kita melatih anak-anak untuk bisa setahap demi setahap meenyelesaikan urusan untuk dirinya sendiri.
berhubung tantangan kali ini bikin program *One Week One Skill* (min 1 max 4 kemandirian) maka dari itu Amah bikin list buat Adzki, praktek nya bisa flexible yang mana dulu yang di lakukan yang pasti goal nya mudah- mudahan semua tercapai dan terus meningkat
hari pertaman Adzki (masih) latihan Toilet training, dan masih dilatih pup dulu, membiasakan bilang dan pup di toilet, Alhamdulillah berhasil karena Amah cepet bawa Adzki ke toilet pas udah tanda - tanda, Adzki memang suka bilang kalo mau pup, tapi kadang di bawa ke toilet cuma mau main air aja, jadi kadang bingung bilang yang kali ini bener ga ya/ tapi saya percaya aja sama Adzki apapun yang terjadi :)
satu point lagi, Adzki sudah tau kalo keluar rumah mesti pake sepatu sama kerudung, jadi kalo diajak Adzki jalan - jala yu (padahal cuma ke warung) langsung heboh bilang tu... tu... (sepatu) terus pilih sendiri mau yang mana
"terus pake apa lagi Adzki?"
dung..dung..(kerudung) sambil pegang - pegang kepala
pinter anak Ammah,keseruan apalagi ya buat besok? :)
semangat Adzkiya kita belajar dan latihan terus YA :)
YES I CAN 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar