Kamis, 23 Februari 2017

NHW #3 MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH

Bismillahirahmanirrahim
materi Ibu Profesional ke 3 kali ini bikin baper :)
langsung ke tugas nya saja

Bunda, setelah kita belajar tentang "Membangun Peradaban dari Dalam Rumah" maka pekan ini kita akan belajar mempraktekkannya satu persatu.
Pra Nikah
a.Bagi anda yang sedang memantaskan diri untuk mendapatkan jodoh yang baik, tulislah suara hati anda dengan tema “UNTUKMU CALON IMAMKU”
b. Lihatlah diri anda, tuliskan kekuatan potensi yang ada pada diri anda.
c. Lihatlah orangtua dan keluarga anda. Silakan belajar membaca kehendakNya, mengapa anda dilahirkan di tengah-tengah keluarga anda saat ini dengan bekal/senjata potensi diri anda. Misi rahasia hidup apa yang DIA titipkan ke diri kita. Tulis apa yang anda rasakan selama ini.
d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda?adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa anda dihadirkan di lingkungan ini?
Nikah
Bagi anda yang sudah berkeluarga dan dikaruniai satu tim yang utuh sampai hari ini.
a. Jatuh cintalah kembali kepada suami anda, buatlah surat cinta yang menjadikan anda memiliki "alasan kuat" bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak-anak anda.Berikan kepadanya dan lihatlah respon dari suami.
b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan potensi kekuatan diri mereka masing-masing.
c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak dan suami, silakan baca kehendak Allah, memgapa anda dihadirkan di tengah-tengah keluarga seperti ini dengan bekal kekuatan potensi yg anda miliki.
d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?
Orangtua Tunggal (Single Parent)
Bagi anda yang saat ini sedang mendidik anak-anak anda sendirian tanpa kehadiran pasangan hidup kita
a. Buatlah “Tanda Penghormatan’, dengan satu dua kalimat tentang sisi baik “ayah dari anak-anak kita” sehingga dia layak dipilih Allah menjadi ayah bagi anak kita, meskipun saat ini kita tidak lagi bersamanya.
b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan potensi kekuatan diri mereka masing-masing.
c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak anda, silakan baca kehendak Allah, mengapa anda dihadirkan dengan tantangan keluarga yang luar biasa seperti ini. Apa misi hidup rahasiaNya sehingga kita diberi ujian tetapi diberikan bekal kekuatan potensi yg kita miliki.
d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?
Setelah menjawab pertanyaan - pertanyaan tersebut di atas, sekarang belajarlah memahami apa sebenarnya "peran spesifik keluarga" anda di muka bumi ini.
Selamat membaca hati dan menuliskannya dengan nurani. Sehingga kata demi kata di nice homework #3 kali ini akan punya ruh, dan menggerakkan hati yang membacanya.
Salam Ibu Profesional
/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/

NHW #3 Membangun Peradaban Dari Dalam Rumah
Menikah itu jatuh cinta berkali – kali kepada orang yang sama setiap hari nya , setiap waktu, setiap saat dari ijab kabul itu terucap sampai nanti kita berbeda dunia dan dipersatukan lagi di Jannah Nya.
Tugas besar kita adalah melanggengkan jodoh hingga ke surga. Meniti rumah tangga, sabar syukur dalam barokah dan ridho Nya. Karena istri dan suami sejatinya tak saling memiliki, kita hanya saling dititipi. Maka salinglah menjaga dalam menyempurnakan agama, menaatiNya
Selebihnya isi surat cinta hanya kita yang tau hehe
Saat suami menerima surat cinta dan selesai membaca nya, entah kenapa saya lega sekali, padahal belum genap 2 tahun kami menikah , tapi sepertinya ini hal romantis yang pernah saya lakukan kembali untuk suami, setelah menjalani peran sebagai istri dan ibu dengan segala ke hectic an nya ( lebih tepat dibikin hectic oleh diri sendiri) sampai lupa kalau cinta itu harus dipupuk agar tumbuh berkembang dengan baik.
Kami terharu, pelukan penuh cinta berlinang air mata sore itu :)
Suasana romantisme ini, ingin nya diiringi backsound romantis, tapi ada yg lebih romantis yang dari lagu apapun yaitu backsound anak kami Adzkiya yang mulai banyak mengeluarkan suara seperti ‘ammmaah’ ‘ ceceem’ ‘ayaah’ wihihi melihat anak kami yang makin hari makin banyak tingkah lucu nya ternyata potensi kekuatan diri mereka ada sejak lahir. Mengamati bakat dan potensi unik seorang anak diperlukan observasi setiap hari.
Wah saya kira potensi anak ini mulai ada saat beranjak dewasa, tapi ternyta harus sedini mungkin di stimulus sesuai usia dan perkembangan nya, begitu tau langsung searching dan mencoba membaca potensi Adzkiya
Potensi Adzkiya
Sesuai namanya Adzkiya Naafiatul Farha yang ada doa di dalam namanya yaitu menjadi anak perempuan cerdas bermanfaat dan periang, mudah – mudahan karakter nya bisa sesuai dengan nama nya
mengenali potensi Adzki (10 bulan) gampang – gampang susah karena baru pengalaman pertama, sampai saat ini saya pun masih bingung potensi diri sendiri -_-
Dari hasil google ing di http://rumahinspirasi.com/bakat-ana...
Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) menyebutkan ada 8 jenis kecerdasan anak, yaitu: kecerdasan logika/matematika, kecerdasan verbal/bahasa, kecerdasan interpersonal, kecerdasan fisik/kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan visual/spasial, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan alam. Tapi kalau kita bicara tentang potensi anak, tentu saja cakupannya bisa lebih luas dari itu.



http://rumahinspirasi.com/bakat-anak-menggali-potensi-yang-terpendam/

Adzki anak yang senang menjadi pusat perhatian, tidak suka kesepian atau di cuek in sendiri, kalo kebetulan lagi terpaksa sendiri (ibu nya lagi ke kamar mandi ) minimal harus ditemenin tv.
Adzki bosenan, anak yang aktif sekali ga bisa diem anteng untuk waktu yang lama,tapi kalo di bawa keluar atau suasana yang baru, barulah bisa anteng sedikit
Seneng nya menyapa orang, tiap ketemu orang pasti bilang “haiiiiii” sambil ngeliatin gusi yang lagi bengkak karena tumbuh gigi 
Kemungkinan kecerdasan yang mendominasi yaitu , kecerdasan intrapersonal , kecerdasan alam. kecerdasan fisik/kinestetik kecerdasan visual/spasial
Masih bisa berubah dan berkembang karena masih dalam tahap menggali dan mencari, yang pasti dapat pesan dari tim fasil : jangan pernah ingin "mengarahkan" bakat anak sesuai dengan mimpi kita. Tapi menggali keunikan anak-anak kita itu yang paling tepat. Karena setiap anak sudah diberikan softwarenya masing-masing oleh Allah. Kita tinggal menginstall dan mengembangkannya.
Lalu apa potensi saya?
Sebenarnya ini masuk potensi atau kekurangan ya? Yang pasti diambil yang positifnya saja hehe
Saya orang yang cuek, tiis kata orang sunda mah, bukan berarti acuh dengan keadaan sekitar tapi ga begitu ambil pusing dengan masalah – masalah yang ada dan bisa kelihatan baik – baik saja :)
Saya orang yang ingin cepat , gesit atau lebih ke grasak grusuk hehe bisa melakukan satu pekerjaan disambil pekerjaan lain nya dengan fokus yang sama (kadang malah memaksakan diri sih jatuh nya)
Saya orang yang mau belajar dan senang mencoba hal baru sebisa mungkin total dalam mendalami nya.
Saya punya the power of kepepet karena ketika kepepet saya kadang bisa sangat kreatif, inovatif dan produktif
Saya sangat senang ketika bisa berguna bagi orang lain, sehingga saya senang berbagi hal baik apapun yang bisa saya bagikan
Berbalik dengan suami
Suami orang yang detail dan perfeksionis terhadap sesuatu sehingga ketika saya akan memutuskan sesuatu pastilah suami yang menjadi penasehat khusus
Suami saya orang yang penuh pertimbangan dalam mengambil keputusan sehingga kita bisa saling melengkapi
Lingkungan tempat kami tinggal saat ini?
Waah banyak sekali tantangan dan rintangan yang tidak bisa dijabarkan satu per satu, yang pasti latar belakang keluarga saya tidak sempurna dan masih banyak kurang nya, begitupun saat ini.
Tapi makin ditempa, makin di asing kan, makin di jatuhkan menjadikan kita semakin kuat dan saya tau Alloh punya rencana yang baik dibalik ini semua, Alloh tau kita akan menjadi sukses sehingga perlu dibangun mental sekuat baja, kita akan dilesatkan karir nya oleh Alloh sehingga saat ini saya dan suami perlu banyak – banyak besyukur agar ditambah nikmat nya jangans sampai kufur nikmat. Naudzubillah..
Sehingga Peran spesifik keluarga kami sebagai tim dalam membangun peradaban adalah :
1. Sebagai hamba Nya yang tugasnya hanya taat.
Kita saling mengingatkan, mendukung, menyemangati ketika lelah agar menjadi Lillah, menjadi tim dengan menunaikan hak dan kewajiban tiap peran nya untuk lebih taat dan mencari bekal akhirat sebanyak - banyak nya agar pantas Allah kumpulkan kembali keluarga kita di jannah Nya.
2. Bermanfaat untuk sekitar
Dari segi ilmu, pengalaman, Harta, bisnisnya bisa membangun lapangan pekerjaan bagi banyak orang, menyejahterakan banyak orang, Bermanfaat bagi lingkungan sekitar, orang tua keluarga bangsa dan terutama agama.
sekian tugas NHW #3 ini dibuat dengan penuh cinta, semoga tercipta peradaban yang baik dari dalam rumah kami :)
Salam ibu profesional _ Michelle RK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar