Selasa, 23 Januari 2018

MEMBANGUN KOMUNITAS MEMBANGUN PERADABAN

MEMBANGUN KOMUNITAS MEMBANGUN PERADABAN
peran saya sebagai KOORDINATOR KOTA yaitu :

Pengurus KB Cimahi-KBB ( Kabupaten Bandung Barat)

Kondisi masyarakat/member yg saya pimpin saat ini sangat butuh ilmu tentang pengasuhan dan pendidikan anak, terutama dari faktor pendidikan, ekonomi yang sebagian besar masih masuk kategori menengah- menengah kebawah sehingga membutuhkan ilmu dalam pengasuhan.
Cimahi sendiri merupakan kota kecil yang menjadi pertengahan diantara kota Bandung, banyak sekali acara Ibu Profesional Bandung yang keren- keren, tetapi member tidak bisa hadir dikarenakan keterbatasan jarak, Maka dari itu saya tergerak membantu teman- teman pengurus di Cimahi untuk ikut serta memfasilitasi teman - teman yang mau belajar.

Tantangan-tantangan yang saya hadapi sebagai pengurus KB Cimahi -KBB ini  berkaitan dengan antusiasme yang tinggi, tetapi ke aktifan member yang kurang sehingga banyak yang silent reader, adapun jika diadakan acara offline peserta yang datang sangat sedikit bisa dihitung jari, padahal sudah dipilihkan tema yang benar- benar dibutuhkan oleh member sendiri ( berdasarkan survey), untuk alasan tidak bisa datang dikarenakan kendala teknis.
sehingga diperlukan upaya untuk membuat member merasa diwadahi dan ikut aktif memberikan suaranya untuk program - program kami selanjutnya.

saya menemukan bakat alami saya di Ibu Profesional ini, mata saya berbinar ketika berkumpul dan bersinergi dengan temn- teman seperjuangan yang punya visi misi yang sama terutama di bidang parenting, maka saya bisa mendedikasikan diri sebagai salah seorang yang memfasilitasi orang2 untuk belajar, menjadi penyelenggara event parenting, berkecimpung di dapur pengurus dan merencanakan event2 keren yang dibutuhkan member.

Saya akan menggunakan bakat tersebut untuk kebermanfaatan komunitas dengan bersungguh - sungguh semampu saya untuk menjembatani atau menjadi wadah kami belajar bersama. Tugas saya sebagai sekretaris kadang disambil sebagai tim desain flyer juga. 
dimulai dari diri sendiri, terkadang saya menuliskan ilmu - ilmu yang saya dapat dari kelas di IIP di media sosmed pribadi, beberapa ada yang tanya - tanya bahkan berguru juga, saya rasa dimulai dari diri sendiri mengaplikasikan ilmu yang didapat kemudian mencoba menebar manfaat pada sesama, hingga akhirnya ada yang tertarik dan bergabung bersama menjadi member Ibu profesional, sebelumnya bisa ikut KB Cimahi- KBB dulu untuk yang domisili di Cimahi KBB untuk lebih mengenal dan tertarik pada IIP, karena sekarang antusiasme orang - orang terhadapp IIP sangan besar sekali, sehingga kelas matrikulasi pun dibatasi, terutama untuk kota Bandung.

Tahun depan mudah - mudahan acara - acara yang bisa kami fasilitasi bisa diterima dan diikuti oleh bamember terutama ataupun masyarakat cimahi lainnya, dan ilmu nya akan bermanfaat untuk masing - masing keluarga, karena saya yakin keluarga adalah pendidikan utama untuk keluarga, maka jika pendidikan di keluarga sudah oke, anak sudah siap 'dilepas' ke luar dengan baik, sehingga nanti bia ber sosialisasi dengan baik. saya pribadi membutuhkan lingkungan yang baik bagi perkembangan anak saya maka dari itu dimulai dari keluarga kita masing - masing mudah2n bisa bermanfaat untuk semua :)


It takes a Village to raise a CHILD

Perlu orang sekampung untuk membesarkan anakMaka sudah saatnya kita mengembalikan keluarga dan komunitas yang kita bangun sebagai sentra pendidikan peradaban. Karena sesungguhnya peradaban adalah milik keluarga dan komunitas, karena di dalamnya akan muncul karya peradaban dan generasi peradaban yaitu anak-anak kita.


"Allah tidak akan membebani kaumnya, melebihi kemampuannya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar