Senin, 06 Maret 2017

melatih kemandirian anak hari ke 8

sekitar 15 menit kemarin dibuat bingung sama Adzki karena dia ngomong sesuatu yang kita semua gak ngerti, makan bukan, ambil ini itu bukan juga, ditawarin mimi ga mau sampai akhirnya nangis mungkin dia menyerah menyampaikan sesuatu tapi ga ada yang ngerti huhu kasian Adzki :')

sambil menerapkan latihan kemandirian nya, minggu ini mau coba jadwal nya yaitu berbicara saat meminta sesuatu tanpa menangis, dan makan minum sendiri :D
solusi biar adzki sukses menyampaikan sesuatu yang dia inginkan lewat kata - kata gimana nih karena Adzki belum lancar bicaranya?
setelah ikut diskusi di kelas bunsay, solusinya simpel aja yaitu :
Mengajak anak untuk berbicara dengan jelas. Orang tua menjadi contoh berbicara yang benar bagi anak. Ajak anak untuk terus berlatih mengungkapkan keinginannya dengan berbicara yang benar dan praktek terus menerus. Jika anak menangis, tunggu sampai tenang. Setelah tenang dan nyaman, ajak anak untuk mengidentifikasi kebutuhannya dengan berbicara.

jadi dikenalkan aktifitas dia lagi apa, mau apa, pake kata- kata yang jelas, dan jangan di cadel - cadelin, biasanya refleks kalo ngomong sama anak kecil jadi cadel, padahal anak nya juga ga gitu ngomong nya hihi jadi harus jelas bahasanya sesuai bahasa yang digunakan sehari - hari :)

Hari ini mencoba menterjemahkan apa mau nya Adzki,berlatih mengungkapkan keinginannya dengan berbicara yang benar sedikit demi sedikit latihan dan praktek terus menerus, mudah - mudahan konsisten latihan nya ya kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar