Kamis, 07 Desember 2017

Membangun Karakter Anak Lewat Dongeng Day 8

dapet cemilan Rabu yang oke banget, dan sudah di review sama teh Edwina
pas banget lagi kehabisan ide cerita tapi anak nagih terus tiap mau tidur, "ammah nya sambil cerita kancil" padahal mata udah ikutan ngantuk jadi nya cerita ngale ngidul

dapat pencerahan banget nih

Mini Review Cara Mendongeng Yang Baik

Ada 4 unsur penting yang perlu diperhatikan pendongeng agar pendengar dongeng (anak2) tertarik medengarkan dongeng yang kita sampaikan.

1⃣ tema
Tema adalah pusat cerita dan merupakan masalah yg diajukan oleh pengarang. Pemecahan masalah dan pesan2 dari cerita merupakan amanat. Maka tema dan amanat saling berkaitan.

2⃣ tokoh
Tokoh dapat berupa orang, binatang, objek atau tokoh imajinatif. Sebuah cerita dpt memiliki satu tokoh atau lebih dr satu tokoh. Ada dua sifat yg dpt dimiliki tokoh2 dalam cerita yaitu protagonis ( baik dan positif) dan antagonis (jahat dan negatif). Penokohan dalam cerita penting untuk menghidupkan cerita.

3⃣ alur
Alur adalah rangka cerita yg logis dan kronologis. Ada dua macam alur: alur lurus dan alur sorot balik. Alur lurus dimulai dari pengenalan-masalah-penyelesaian. Alur sorot balik dpt dimulai dari masalah-pengenalan-penyelesaian atau sebaliknya agar cerita tdk membosankan.

4⃣ latar/setting
Latar adalah keterangan cerita mengenai ruang,waktu dan suasana dan juga situasi dan proyeksi batin para tokoh. Latar juga meliputi cara tokoh hidup dan aspek kultural lingkungannya.
- latar sosial : keadaan masyarakat, adat, cara hidup, bahasa, sikap kelompok sosial
- latar fisik atau material : bangunan atau daerah

Selain keempat unsur tadi perlu diperhatikan juga pemilihan bahasa yang digunakan dalam mendongeng. Pastikan kalimat yang digunakan mudah dipahami oleh pendengar.

di coba diresapi dan di pahami serta di praktekan perlahan,
seperti tidur siang kali ini Adzki di ceritakan tetep si kancik karena itu masih jadi tokoh favoritnya Adzki, kali ini lebih detail untuk setting di hutan indah yang ada pohon hijau dan sungai.
Adzki tidur ammah pun tidur hihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar